Post Terakhir

Sudah Jangan Berdebat

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarahkatuh

Sudah jangan berdebat!

Beberapa dari kita sering bertanya ini itu, menjawab ini itu bahkan terkadang dengan ego yang kuat kita berani melakukan hal berlebihan untuk menguatkan apa yang kita pertanyakan ataupun kita jawab. Pertanyaan saya hanya satu, “Sudah pantaskah?”. Jika kalian memang memerlukan jawaban yang begitu sulit untuk manusia jawab, jawabannya hanya satu “Memintalah” alias berdoa. Segala pertanyaan yang ada di alam semesta ini sebernarnya ada pada Al-Quran, maka bacalah Al-Quran sebagaimana mestinya. Sekecil apapun permasalahan yang kita hadapi atau sebesar apapun permasalahnnya semua ada pada Al-Quran untuk mencari jawaban itu. Jika kita sudah berusaha dan terus menerus membaca Al-Quran dan kita masih saja belum mendapatkan jawaban tanyalah pada diri kita “Apakah kita sudah pantas untuk menerima jawaban itu?” jika belum maka bacalah kembali. Jadikanlah Al-Quran pedoman hidup kita dan buatlah diri kita menjadi manusia yang pantas untuk mendapatkan jawabannya. Kita hanya seorang manusia biasa dimana tidak ada hak sekecil apapun untuk kita menagih janji Allah. Pertanyaan saya hanya satu jika salah satu dari kita menagih janji itu, “Apa yang sudah anda lakukan?”. Jangan samakan janji Allah dengan janji manusia dimana janji yang kita buat kadangkala kita ingkari, memangnya sebesar apa diri kita di alam semesta ini? Sampai-sampai kita berani menagih janji Allah. Jika memang diri kita sudah pantas di hadapan Allah saya yakin pasti kita diberikan jawabannya. Karna Allah Maha Mengetahui apa yang kita tidak ketahui sebagaimana yang di tulis pada Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 216. Intinya pantaskanlah diri kita terlebih dahulu untuk mencari jawaban apa yang kita pertanyakan. Mungkin salah satu dari kita ada yang bertanya seperti ini “Jelas Al-Quran menjadi pedoman hidup saya tapi ikhtiar untuk mendapat jawabannya bagaimana?” jelas dari awal saya sudah katakan bahwa Al-Quran adalah wadah dimana pertanyaan apapun yang terbenak dipikiran kita akan terjawab. Jika ingin lebih dalam lagi jawaban saya hanya satu “berdoalah”, mintalah petunjuk Allah agar kita diberikan jalannya dalam mencari jawaban yang kita pertanyakan. Sekecil apapun permasalahan kita atau sebesar gunungpun permasalahan kita mintalah petunjukNya agar kita mendapatkan jalan yang Allah kehendaki. Jika dengan berdoa kita sudah lakukan dan masih belum saja mendapatkan jawaban kembalikan lagi kepada diri kita “Sudah pantaskah?”.
Bahwasannya Allah itu dekat..tapi apakah kita pantas dekat denganNya? Jika pantas maka pantaskanlah diri kita sesering mungkin namun jika tidak mulailah untuk memantaskan diri kita untuk dekat dengan Allah.
Saya hanya orang bodoh yang ingin banyak mengetahui segala ilmu yang ada di semesta ini. Namun sampai sekarang saya bersyukur atas apa yang sekarang saya miliki, jika memang ada harapan saya masih belum diberikan mungkin saya memang belum pantas untuk mendapatkannya atau mungkin saya tidak perlu untuk mendapatkannya atau mungkin saya sudah mendapatkannya namun saya tidak menyadarinya karena kurangnya bersyukur terhadap apa yang saya miliki sekarang.
Saya hanya orang bodoh yang menulis ini agar kelak saya mengingat tulisan ini dikemudian hari dan semoga saja bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian.
Pemahaman saya terhadap Al-Quran pun tidak sehebat orang lain namun saya mempunyai pemahaman apa yang saya dapati hari ini orang lainpun berhak untuk mendapatkan. Sungguh sombongnya saya jika hanya membawa ilmu itu sendiri ibarat ruangan yang sangat gelap saya berdiri sendiri dan menyalakan lilin tetapi akan begitu terang jika diruangan itu bukan hanya saya sendiri tapi ada rekan-rekan sekalian. Saya benar-benar takut dengan sombong yang merupakan jubah Tuhan, jika saya memakainya pertanyaannya hanya satu “kuat anda memakainya?”.
Saya tidak ingin kembali pada masa lalu dimana hati saya kosong, hanya tahu harus membaca Al-Quran harus shalat saja dll, maka mohon doanya agar saya selalu mendapat berkah Allah dan pertolongan dari Allah. Sakit rasanya mengingat saya dulu yang selalu merendahkan orang lain namun pada kenyataanya saya lah yang rendah di hadapan Allah. Mungkin ada yang beranggapan saya over atau bagaimana mohon doanya saja agar saya kedepannya melakukan hal yang baik dan benar menurut agama serta diridhoi oleh Allah.

Mohon koreksinya agar kedepannya saya dapat memperbaikinya.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comments