Post Terakhir

Sudah Cukupkah Amalanku?

mizan

Disuatu hari diwaktu dhuha, didalam kamar yang sehari-hari jadi tempatku beristirahat, Ku buka Al Quran sambil mendengar murotal dari imam Mishary. Ku baca surat An Naba, sekaligus dengan artinya, setiap ku baca ayat-ayat yang ada di dalam surat tersebut, terutama tentang neraka, bagaimana siksa neraka, teringatlah akan dosa-dosa yang sudah kulakukan selama ini, tidak mungkin bisa terhitung banyaknya. Lalu ketika kucoba ingat amalan-amalanku, pertanyaan yang langsung terpikir adalah ‘apakah bisa amalanku menutup dosa-dosa yang sudah kuperbuat?’ Bagaimana bisa amalanku yang sedikit bisa menolong kedua orang tuaku nanti di akhirat, mungkin menolong diriku sendiri saja sudah susah.

Imam sekelas At Tirmidzi, seorang imam besar periwayat banyak hadits pada akhir hayatnya buta, buta karena terlalu banyak menangis, menagis karena sangat takut amalan-amalannya tidak cukup untuk membawanya ke surga. Lalu bagaimana dengan aku yang bukan siapa-siapa, yang sudah tentu kalah jauh amalannya, yang pasti lebih banyak dosanya. Kuingat lagi orang-orang yang sudah mendahuluiku kembali kepada Alloh, terutama Ayahku, Kakek-Nenekku, bagaimana amalan mereka. Kuingat lagi beberapa saudara dan temanku yang masih jauh dari Alloh, bagaimana nasib mereka jika tiba-tiba Alloh panggil. Astaghfirullohal’adziim.

Bulan Ramadhan kali ini aku harus berubah, harus jadi orang yang lebih baik lagi, harus lebih banyak amalan yang kukerjakan, terutama dari Ramadhan sebelumnya, kebiasaan burukku harus berkurang, jauh berkurang dari sebelumnya. Aku harus bisa menjadi contoh untuk adikku, saudaraku, teman-temanku, dan untuk banyak orang lainnya. Aku bertekad untuk jadi anak yang sholeh, agar doa-doaku sampai untuk almarhum ayahku, untuk ibuku. Aku ingin ketika nanti Alloh tanya bagaimana kamu bisa menjadi orang yang sholeh, akan aku jawab ‘karena Ayah dan Ibuku’.

Sumber gambar

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comments