Post Terakhir

Semua Ada Hikmahnya

beautiful-little-things-600x375

Setiap hidup ini pasti ada masalahnya. Namun, setiap masalah itu pasti ada hikmahnya. Terkadang kita tidak tau hikmah dari masalah yang kita alami. Hal ini bisa terjadi karena kita menganggap bahwa yang kita inginkan itu yang terbaik buat kita. Padahal belum tentu yang kita inginkan itu yang terbaik buat kita, mungkin saja itu adalah kebalikannya. Jika kita berpikir secara jernih, kita pasti bisa menemukan hikmah dari setiap masalah kita. Hikmah itu juga bisa dirasakan langsung setelah masalah selesai atau keesoknya atau lusa atau sebulan kemudian atau bahkan setahun kemudian dan seterusnya. Lama? Pernah mendengar perkataan orang tua kita yang mengakatan bahwa kita itu cepat sekali tumbuhnya, rasanya orang tua kita tuh baru kemarin melihat kita masih merangkak, minta disuapin, dan yang lainnya. Nah seperti itu juga yang kita alami, rasanya lama sekali padahal waktu itu cepat berlalu, kitanya aja yang tidak bisa sabaran.

Kalau kita menemukan hikmah dalam masalah yang kita alami, rasanya seperti menemukan harta karun yang tak ternilai. Rasanya bahagia sekali, rasanya ingin mengucapkan beribu – ribu ucapan terima kasih sama Allah karena telah mendatangkan masalah kepada kita. Padahal sebelumnya kita sudah berburuk sangka sama Allah karena telah didatangkan masalah, padahal Allah punya tujuan yang lebih baik buat kita.

Sekarang sudah tau kan tujuan diberikannya masalah buat kita, karena bertujuan buat membuat hidup kita lebih baik lagi. Mulai coba yuk buat mencari hikmah masalah yang kita hadapi, mula – mula berbaik sangka dulu sama Allah, setelah itu sabar menghadapi masalah tersebut. Jangan lupa juga minta sama Allah buat diberi petunjuk buat menemukan hikmah masalah tersebut.

Dulu saya pernah ikut sebuah acara, awalnya saya ikut karena ada temen saya yang ikut, maksud hati buat nambah pengalaman, namun ternyata teman saya berhalang buat hadir di acara itu. Waduh, pikir saya waktu itu, saya bingung karena selain saya tidak mengenal orang yang serombongan sama saya, selain saya dan sang supir yang membawa rombongan saya, semuanya perempuan. Dulu tuh saya tuh susah bersosialisa sama perempuan. Pasrah, saya ikuti tuh acara. Gak taunya sepulang acara saya mendapat uang karena mengikuti acara tersebut dan nasi padang, favorit saya. Senang sekali rasanya, langsung saya melupakan masalah yang tadi yang penting dapet uang sama nasi padang, pikir saya waktu itu begitu.

Itu contoh salah satu hikmah masalah yang saya alami. Masih banyak lagi contoh – contoh yang lain, yang jelas bahwa semua masalah itu pasti ada hikmahnya.

Sumber gambar

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comments