Post Terakhir

Perihal : 6 si dalam jalur hidup

Assallamu alaikum wr… wb…

Sebelumnya, Ijinkan saya untuk berbagi catatan ringan yang mudah – mudahan bermanfaat…

 

Perihal 6 si dalam jalur hidup

  • Eksistensi : Terlahirnya setiap insan ke dunia merupakan anugrah yang sangat besar yang Allah berikan , untuk itu kita sebagai insan ciptaan NYA harus mempertanggungjawabkan keberadaan kita pada kelangsungan jalur hidup ini , eksistensi istilah singkatnya. Eksistensi ini terlambang dengan saling mengenal sesama kita , mengetahui kejelasan tempat tinggal kita , dan mengetahui silsilah keluarga kita khususnya pada setiap lingkup tempat tinggal kita masing – masing. Contoh : si Fulan , Anaknya Pak Dahlan , Rumahnya di pengkolan dsb. Itulah perlambangan eksistensi pada setiap insan.
  • Profesi : Tidak hanya berhenti pada Eksistensi ( dikenal / diketahui orang lain ) , bahwasanya kitapun bertanggungjawab terhadap diri kita sampai dengan nilai berikutnya yaitu Profesi. Perlambangan Profesi adalah kiprah atau apresiasi diri yang dijadikan pegangan untuk lebih meningkatkan dan mengembangkan kemampuan diri pada jalur hidup kita. Pelajar, Pegawai, Penarik Becak, Supir Taksi, Dokter, Pejabat Tinggi dsb itulah contoh – contoh dari Profesi.
  • Prestasi : Tidak hanya berhenti pada Profesi ( baik yang rendah ataupun yang tinggi sekalipun ) , bahwasanya kitapun bertanggungjawab terhadap diri kita sampai dengan nilai berikutnya yaitu Prestasi. Hendaknya kita menunjukkan satu nilai keberhasilan yang baik dan positif dalam profesi – profesi kita tersebut , sehingga itu menjadi satu nilai yang bernilai serta berarti.
  • Kontribusi : Tahapan nilai berikutnya adalah Kontribusi. Perlambangannya adalah memberikan dampak faedah, manfaat , kebergunaan sumbangsih terhadap segala apa yang kita lakukan. Baik dalam skala kecil lingkungan keluarga kita ataupun skala besar pada lingkungan masyarakat kita.
  • Kaderisasi : Lebih lanjut lagi , kita harus melanjutkan dengan tahapan nilai Kaderisasi , sehingga kita bisa menjaga kelangsungan atau keberlanjutan dari apa – apa perbuatan baik yang sudah kita contohkan ataupun kita lakukan agar dapat terpelihara. Kaderisasi ini bisa dilakukan pada tingkatan silsilah keluarga, struktur organisasi, jajaran birokrasi dsb.
  • Investasi : Tidak kalah pentingnya adalah nilai Investasi. Nilai Investasi ini bisa berupa wejangan nasehat, ilmu pendidikan, pengajaran pelatihan, sarana prasarana, sampai dengan wakaf sekalipun yang intinya adalah memberikan kemaslahatan kepada sesama kita. Sehingga kembali menciptakan siklus yang baru untuk terlahirnya Eksistensi, Profesi, Prestasi, Kontribusi, Kaderisasi dan Investasi baru sekalipun kita telah tiada.

Terima kasih dan Wassallam…

Hs , Agus Sabana

agoes.sabana@gmail.com

0812 3613 9229

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comments