Post Terakhir

Menjadi Hamba Yang Bersyukur

Jualan-Meningkat3

 

Tak ada satupun kejadian yang tidak dituliskan oleh sang Pencipta.

Tak ada satupun peristiwa yang terjadi begitu saja tanpa ada hikmah didalamnya.

Bagi hamba Nya yang bersyukur, mungkin tak ada satu detik pun bahkan satu helaian nafas pun yang berlalu, tanpa diiringi dengan evaluasi di dalamnya.

Bagi hamba Nya yang penuh syukur, mungkin tak kan ada satu kejadian kecil pun tanpa pemikiran-pemikiran yang mengiringinya.

Bersyukur atas nafas, umur, akal, kesehatan, prestasi, sakit, musibah, sandung-sandungan kecil hingga cobaan-cobaan besar yang mengiringi hidup kita.

Memang terkesan hiperbola ketika hal-hal kecil yang dianggap sepele dapat menjadi cerita tentang rasa syukur kita kepada Nya.

Misalnya saja hanya hal sepele seperti sariawan, ketika rasa sakit di lidah sampe menjalar ke kepala. Bagi orang-orang yang bersyukur yang dapat mengambil hikmah dari setiap kejadian, hal yang sepertinya sangat sepele tersebut dapat diartikan sebagai rasa kasih sayang Alloh kepada kita. Kasih sayang agar kita terhindar dari ghibah dan pembicaraan yang kurang bermanfaat di 10 hari terakhir ramadhan ini.

Mungkin terkesan berlebihan ketika muhassabah dilakukan dalam tiap helai nafas hidup kita, tetapi memang setiap kejadian pasti ada alasannya, entah kejadian besar ataupun kejadian kecil, kejadian sepele hingga kejadian luar biasa dan kita wajib untuk merenungkannya.

Ketika evaluasi diri tiap detik, tiap menit terlalu berlebihan dan mungkin merepotkan bagi sebagian yang lainnya, mungkin sebaiknya tetaplah ada waktu yang disisihkan hanya beberapa menit dalam 24 jam untuk mengintrospeksi diri kita. Diujung waktu ketika hendak tidur, ketika sesaat nyawa kita akan berada di genggaman Nya, ataupun di sepertiga malam ketia Dia sang Maha Pencipta turun ke bumi untuk melihat hamba-hamba Nya.

Selalu ada hikmah dibalik kejadian, tergantung bagaimana cara pandang kita, apakah menganggapnya sebagai musibah atau anugrah, karena Alloh sesuai dengan prasangkaan hamba Nya.

Semoga kita termasuk dalam golongan hamba Nya yang penuh dengan syukur, yang dapat mengambil hikmah dalam setiap peristiwa, menjadi hamba yang selalu ingat untuk apa kita diciptakan, dan dalam keadaan bagaimana kita ingin dikembalikan.

Tulisan pengingat diri, semoga Alloh meridhoi.

 

Sumber gambar

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comments