Post Terakhir

Cahaya Q.S Al Kahfi

Cahaya Q.S Al Kahfi

quran

Allah Maha Pencipta,

yaap,, Allah dengan segala ke-Mahaan-Nya dapat menciptakan apapun yang Dia kehendaki, kalo Allah udah bilang Kun yaa pasti Fayakuun. Dan salah satu bentuk ciptaan-Nya adalah cahaya. Cahaya jika ditinjau dari ilmu fisika klasik merupakan gelombang elektromagnetik. Seperti yang kita udah tau bersama bahwa yang membuat alam semesta ini terang adalah cahaya (ya tentu atas ijin-Nya juga). Bagaimana dengan gelap? Apakah Allah menciptakan gelap ? apakah gelap itu ada ? sejatinya semua yang ada tentunya Allah yang menciptakan, tapi bagaimana dengan gelap? Sebenarnya gelap itu tidak ada, yang ada hanyalah terang, terang yang dihasilkan oleh cahaya. Jadi gelap itu sesungguhnya hanyalah “ketiadaannya cahaya”, makanya jadi gelap.

Dengan cahaya kita dapat melihat, bayangkan meskipun kita mempunyai mata (ya tentu Allah yang ngasi) kita gak bakalan bisa melihat tanpa adanya cahaya. Nah baru ketika cahaya itu ada maka mata kita bisa ngeliat apapun yang ada di sekitar kita, karena kata ilmu fisika lagi nih, kita bisa liat itu benda karena benda tersebut memantulkan cahaya. kurang lebihnya begitu…

Untuk urusan kehidupan kita (baca : masalah/hajat) di dunia cahaya itu sangat kita perlukan adanya. Nah kalo udah bicara cahaya kita bisa memandang dari beberapa dimensi ya, yang kita bahas sekarang tentang cahaya hati atau cahaya Illahi. Misal kita punya utang , kita udah banting tulang bahkan tulang juga sampe dibanting-banting buat lunasin itu utang tapi teteeeep aja gak lunas-lunas, bukannya lunas, malah makin numpuk itu utang, bercabang-cabang pula. Sebenernya cahaya itu ada (baca : jalan keluar buat lunasin utang itu ada, cuma kita nya aja yang dibikin buta oleh Allah. Barangkali yang kita kejar solusi teruss, ikhtiar teruss, boleh siih ikhtiar, boleh juga sii nyari solusi, tapii kalo itu semua ikhtiar yang biasa (baca : ikhtiar bumi) yaa kita bakal capek, lelah bahkan putus asa. Yyaa mbok dibalik aja caranya, kita balik ke Allah yang ngijinin itu masalah hinggap di kehidupan kita, Allah pulalah yang punya segala macem cara bentuk solusi dari masalah kita, kita minta ampun dulu, barangkali masalah itu muncul gara-gara perilaku kita, dosa kita sama Allah. Dateng dulu ke Allah, minta ampun sama Allah, perbaiki perilaku kita sama Allah, masa iyaa siih, kita udah dateng ke Allah, gak dikasi, pasti dikasiii. Yang gak kita minta aja Allah kasi, masa yang kita minta gak dikasi, jangankan cuma utang, Allah mah kalo udah mau ngeberesin kita punya masalah kadang gak pake di urai satu-satu, langsung Allah beresin semuanya. Ngubah malem jadi siang, siang jadi malem, matiin yang idup, ngidupin yang mati aja Allah bisa, lah apalagi cuma utang, apalagi cuma masalah kita, enteng bagi Allah mah, tinggal kitanya aja yang mau, mau dateng ke Allah, mau minta sama Allah.

Yang punya cahaya kan Allah, yaa seharusnya kita yang lagi butuh yaa dateng dong ke Allah, minta dikasi terang gimana caranya buat bisa lunasin kita punya utang. Dan kalo cahaya Allah itu udah hadir, malah gak pake kita “cari” itu jalan keluar masalah, udah keliatan dengan sendirinya itu jalan keluar. Kadang kita mencari  sesuatu di tempat yang terang aja udah susah, apalagi di tempat yang gelap. Makanya kita sebagai hambanya Allah yang membutuhkan pertolongan, yaa sepatutnya kita datengin Allah..

Bicara tentang cahaya, ada salah satu amalan yang jika kita kerjakan maka akan terpancar cahaya dari segala penjuru. Apa amalan tersebut ? yap betul, salah satu amalan yang dianjurkan Rosulullah adalah membaca Surotul Kahfi ( Q.S Al- Kahfi) di malam jum’at. Waktunya sih ada berbagai macem pendapat, salahsatunya dari guru agama kita di Sekolah, bisa dimulainya itu pas abis sholat maghrib di malem jum’at sampe sebelum waktu maghrib di hari jum’atnya.. yaa kita mah sebagai murid jangan dulu banyak nanya dalilnya, hukumnya pegimana, bid’ah atau nggak, kalo kebanyakan nanya malah nantinya gak baca-baca, sibuk terus nanya malah makin kenceng debatnya daripada ngejalaninnya,,,hehehe ,, yaa mbok nurut aja apa kata guru, toh guru kita juga ngajarin kita pake ilmu, jalanin aja sambil dikit-dikit kita juga pelajari ilmunya.. (niatin buat memulai ya kawan)

Fadilahnya gimana? Banyak, buaaanyaakk.. salah satunya nih yang saya inget, kata guru kita tuh, kalo kita baca Surat Al-Kahfi surat ke 18 yaah pada waktu yang udah dijelasin di atas, kita bakal dikasi “cahaya” dari hari kita mulai baca sampe hari jum’at berikutnyaa.. yaa mudah-mudahan dengan kita dawamin baca sambil kita juga terus berdo’a terus yakin dan ngarep hanya sama Allah, pasti dah Allah bakal kasi “terang” kita punya idup, terang kita punya hajat.. aamiin

– wawlloohu a’lam -

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comments