Post Terakhir

Berkah Menyayangi Anak Yatim

mengajak-anak-sholat-ke-masjid

 

 

Anak yatim piatu adalah anak yang di tinggal oleh orangtua nya(meninggal dunia)sebelum baligh dan ketika mereka baligh maka putuslah predikat anak yatim tersebut. Kita diwajibkan menyayangi mereka karena mereka sangat membutuhkan perhatian kita. Bisa kita bayangkan bagaimana penderita mereka,mereka tak lagi bisa berkumpul dengan orangtuanya,mereka tidak punya tempat bersandar dan mereka tidak mendapatkan kasih sayang yang cukup. Jangan sekali sekali berlaku sewenang wenang terhadap mereka.karena batin mereka pastilah tergoncang sebab apa yang menimpanya.

Dalam al quran surah adduha pun di jelaskan, “maka terhadap anak yatim janganlah kamu sewenang-wenang.” Lihatlah, betapa mereka hanya bisa memandang kawan sebayanya yang mendapat perhatian dari orangtuanya, apalagi di bulan ramadhan seperti ini. Tak sedikit dari mereka yang berujar: Alangkah senangnya si A bisa berkumpul dengan orangtuanya, buka puasa dan sahur bersama, sedangkan aku?

Dan si kecil yatim pun berkata: “Ibu, si Abdullah setiap sore diajak ayahnya jalan2, sambil menunggu waktu maghrib, katanya apapun yang ia minta ayahnya akan membelikan asal puasanya bisa selesai sampai waktu maghrib tiba. Ibu, aku selalu lulus sampai magrib setiap puasa, kalau ayah masih ada pasti akan membelikan apapun yang aku mau. Iya kan bu?”

Ya Allah..betapa terenyuh nya hati jika telinga kita mendengar kata kata itu. Dan masih sanggup kah kita menutup mata mendengar keluh kesahnya? Wahai saudaraku, marilah kita berbagi kebahagiaan dengan mereka, cintai dan sayangilah mereka. Sesungguhnya banyak berkah di balik kecintaan dan kasih sayang kita terhadap mereka.

Rasulullah bersabda:

“Aku dan pemelihara anak yatim akan berada di surga kelak,sambil mengisyaratkan dan mensejajarkan ke dua jari tengah dan telunjuk nya.” (H,R.Bukhori)

sabda Rasulullah yang lain:

“Bila engkau ingin agar hatimu lembut dan damai, dan ingin mencapai keinginanmu, sayangi lah anak yatim, usaplah kepalanya dan berikan makanan seperti yang engkau makan. Bila itu engkau lakukan hatimu akan tenang serta lembut dan keinginananmu akan tercapai.” (HR Thabrani).

Semua itu adalah keistimewaan bagi orang orang yang menyayangi anak yatim. Semoga Allah melembutkan hati kita, menjadikan kita termasuk golongan orang orang yang menyayangi anak yatim dan mengumpulkan kita bersama Rasulullah SAW. Aamiin..

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comments