Post Terakhir

Ayah Adalah Teladan Dan Guru Terbaikku

Ayah Adalah Teladan Dan Guru Terbaikku

arti-mimpi-ayah-meninggal-dunia

Dunia ini hanya tempat kita sementara untuk mencari dan menabung bekal kelak kita akan bertemu dengan yang Maha Agung Allah SWT. Jangan pernah tinggalkan sholat meski kesibukan duniamu tiada henti, karena ia adalah amalan utama yang akan dihisab pertama kalinya. Inilah pesan ayah yang selalu aku ingat hingga detik ini. Aku belajar banyak dari beliau sejak kecil hingga dewasa kini, kehidupan beliau yang menjadi contoh bagiku.

Seorang petani yang tak beralaskan sepatu, berbaju lusuh dan kotor berbau khas lumpur sawah, serta cangkul yang selalu beliau bawa. Dimataku beliau seorang petani yang rajin, tekun, ulet, disiplin, dan bertanggung jawab sebagai suami dan ayah. Sudah 55 tahun beliau tekuni sebagai petani, alhamdulillah semua itu menghasilkan manfaat. Siapa sangka dengan waktu yang lama beliau mengalami berbagai macam masalah dan tantangan, mulai dari gagal panen, kesulitan air, harga pupuk yang mahal, hama yang berkepanjangan, hingga sesama petani yang jahat merusak ladang, beliau hadapi itu semua. Ia yakin dan percaya selama apa yang ia perbuat benar maka Allah SWT bersamanya.

Dari hasil panen beliau tabung untuk bisa melaksanakan ibadah haji hingga tiba waktunya uang tersebut disetorkan ke bank, Allah berkehendak lain. Ibuku tak sadarkan diri hingga masuk rumah sakit, dengan ikhlas beliau menerima penjelasan dokter jika istri bapak terkena tumor otak dan harus segera dioperasi. Di tahun 2006 itu, beliau di uji kesabarannya lewat sakitnya ibu. Hampir 37 hari bapak menunggu ibu selama perawatan di rumah sakit, tanpa ingat dengan keadaan ladang sawah. Ia hanya berdoa untuk kesembuhan istrinya. Seketika ibu dibolehkan untuk pulang dan rawat jalan, setibanya di rumah subhanallah padi yang diladang begitu bagus dan siap untuk dipanen, dan yang lebih mengejutkan lagi adalah dari hasil panen tersebut bapak bisa nabung untuk haji dan bisa membeli sawah sekaligus tanah. Masya Allah inilah ganjaran bagi hamba yang sabar ketika tertimpa musibah maka Allah akan memberikan rezeki yang tidak disangka sebelumnya.

Kami adalah keluarga yang sederhana sekali hidupnya, sampai-sampai bapak dikatakan seperti binatang keledai yang rumahnya jelek dan tidak layak dengan anak yang banyak. Meski demikian beliau tetap sabar dan tenang dengan ucapan tersebut, hanya bisa berdoa agar kehidupannya lebih baik tidak bergantung dengan orang lain. Biarkanlah mereka demikian anggap saja angin lalu, tidak perlu didengar karena Allah lebih tahu bapak ini bekerja untuk kalian makan, sekolah dan memenuhi kebutuhan lain. Beliau sosok ayah yang sabar meskipun banyak warga kampung yang tidak suka dan selalu memfitnah karena iri, beliau tetap hanya meminta perlindungan dari Allah SWT. Hingga tiba di tahun 2011 bapak kembali daftar haji, subhanallah meski banyak sekali ujiannya tapi Allah lebih tahu niat dari orang tuaku ini.

 

Berkali-kali ladang dirusak tapi disitulah Allah SWT bekerja menolong bapak, karena siapa yang melakukan pasti ia akan menuai hasilnya. Beliau yakin dan percaya bahwa rezeki Allah yang mengatur tinggal bagaimana kita menjemput dan mensyukurinya, beliau ikhlas dan ridho jika memang inilah takdir Allah yang harus beliau lalui. Dan tiba di tahun 2015, bapak dan ibu berangkat ke tanah suci Makkah, masih diuji dengan keluar masuknya ibu ke rumah sakit karena sakitnya. Begitu pula dengan bapak jatuh sakit yang tidak ada diagnosanya di rumah sakit dan dinyatakan sehat, tapi ternyata seketika kita mencari pengobatan lain bapak terkena penyakit guna-guna (sihir) dari orang yang ingin melihat bapak dan ibu tidak bisa berangkat menunaikan ibadah haji. Atas izin dan kehendak Allah, semua itu Allah sembuhkan melalui perantara hamba Allah. Aku sempat tidak percaya dengan penyakit ini, namun inilah yang dapat dilihat sakit yang aneh dan aku sadar bahwa yang ghaib itu ada.

Disinilah dapat aku simpulkan bahwasannya Allah SWT yang lebih berkuasa atas segalanya, jika Ia berkehendak maka tidak ada yang dapat menghalanginya. Perjuangan beliau luar biasa untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari, menafkahi anak dan istri, membiayai anak sekolah, menabung hingga bisa menunaikan ibadah haji. Subhanallah Maha Suci Engkau yaa Robb…arti-mimpi-ayah-meninggal-dunia

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comments